Smartphone Photography : Tips n Trick & Show off

Hallo hallo... Balik lagi sama gue, di blog kecil, mungil, sepi nan sunyi ini. Blog ini menggambarkan suasana hati gua saat ini yg kosong dan berdebu karena tak ada seorang wanita yg mau menetap di sana. :'( wkwkwkwk... Jangan dianggep serius.. Santai aja.. :D
WARNING!!! Ini tutorial untuk memfoto objek. Bukan untuk memfoto mantan! Foto object bisa dijadikan kenangan dan bisa disimpan, mantan hanya bisa menjadi kenangan dan kita tidak bisa menyimpannya :'( . Pokoknya kalo lu mampir di blog ini, isinya gak bakalan jauh-jauh dari baper, kenangan dan mantan. :D
Banyak ngomel nih gua... Langsung saja ke tutorial nya.
Sesuai judulnya, berarti kita menggunakan kamera smartphone untuk mengambil gambar. Disini untuk ukuran MP kamera smartphone, diusahakan min 5MP dan mendukung auto focus atau manual focus. Kamera seadanya juga gak pa pa yg penting support auto focus. Cukup spesifikasi seperti itu aja yg kita butuhkan.

ATTENTION!! Ini tutorial by saya sendiri. Jadi ini Bagaimana cara saya mengambil foto menggunakan smartphone.

1. Angle
Angle atau sudut pengambilan gambar sangat penting dalam dunia fotografi. Bahkan walau objeknya jelek, tapi angle nya bagus.. Beuuhh... Bisa jadi bagus cuyy... Untuk mencari angle yg pas :
1.1. Pastikan darimana arah datangnya cahaya.
Lu gak mau kan udah nemu angle yg pas tapi terlalu terang atau terlalu gelap? Jadi usahain cari beberapa angle. Jangan cuman satu angle.

2. Pencahayaan
Ini komponen utama di semua bidang fotografi. Karena cahaya merupakan hal paling penting. Terlalu terang, jelek. Terlalu gelap, gak keliatan. Pinter-pinter nyari cahaya dah :D

3. Komposisi foto yang pas
Pernah liat garis horisontal dan vertical waktu memotret menggunakan smartphone atau DSLR?

Screenshot_2016-08-01-15-59-39-916

Fungsikan garis pengatur komposisi agar objek bisa sesuai dan pas di frame. Lu kira itu gak ada gunanya?? :D makanya difungsiin biar makin joss fotonya. Garis bantu ini banyak macamnya. Ada yg cuman 4 square, 9 square (gambar diatas), dan 16 square.

4. Resolusi
Nah inilah kenapa min harus 5MP. Karena percuma udah bagus tapi resolusi kecil. Kurang bisa dinikmati karena kurang tajam dan kecil. Tapi untuk belajar, sah sah saja. Pake apa yg ada dulu.

5. Aplikasi Third-party Camera
Banyak macamnya untuk aplikasi kamera yg punya kemampuan settingan manual seperti iso dan exposure seperti Camera FV-5, Manual Camera, Open Camera dan lain². Gunanya ya untuk mengatur kecerahan, white balance, iso, exposure dan settingan lainnya.

6. App editing
Gak usah gua jelasin banyak-banyak. Lu udah pada tau fungsinya buat apaan. TIPS: Jangan pake filter. Mending pake pengaturan contrast, brightness, d.l.l secara manual alias satu-satu. Karena hasilnya lebih memuaskan. Bandingin aja ntar...

Tutorial

1. Cari angle yg pas. Setting dulu app kameranya sesuai keinginan atau kebutuhan.
2. Fokuskan ke object dengan cara menyentuh di mana objek tersebut. Inilah fungsi auto focus. Sentuh layar tepat di bagian mana objek berada hingga mendapatkan fokus yg di inginkan. Jadi
aku mau fokus sekolahharus sabar agar bisa mendapat fokus yg pas.

IMG_20160730_170234IMG_20160730_170233

3. Jangan cuman mengambil gambar sekali. Minimal 3 kali sehingga bisa milih mana hasil yg paling bagus. Lebih malah lebih bagus.
4. Edit hasil foto tersebut, menggunakan app editing. Atur sesuai selera. Tambahkan watermark apabila ingin di upload ke sosial media. Karena banyak maling di sosmed. Kalo hasilnya bagus kan nguntungin si maling gak ada watermarknya.
Begitulah tutorial singkat tentang smartphone photography. Gak afdol rasanya kalo ngajarin tapi gak nyantumin hasil. :D ini hasil foto terbaru yg gua ambil menggunakan Lenovo A7000.

IMG_20160708_081441-01

IMG_20160615_133932-02


DSC_0012-01IMG_20160708_081456IMG_20160708_063837IMG_20160424_112546_1_20160427011430691
Begitulah sedikit info dan tips mengenai fotografi. Klik tombol share apabila berguna dan orang lain perlu mengetahui juga. Kritik atau saran dan yg ingin bertanya silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih sudah mampir di blog sampah ini. Dan see you in next post :D

Related Posts:

0 Response to "Smartphone Photography : Tips n Trick & Show off"

Posting Komentar